Jumat, 06 April 2012

Review Pendidikan Pra Sekolah


Usia Dini :
-Bayi (lahir-12bulan)                                       -Prasekolah (3-6tahun)
-Toddler (1-3tahun)                                        -Awal SD (6-8tahun)

Sejarah :
-Frederick Froebel  -> membuka sekolah Tk pertama di Jerman
Tk perlu mengikuti sifat anak serta bermain merupakan suatu metode dari pendidikan, salah satu cara untuk meniru kehidupan orang dewasa dengan wajar.
Guru bertanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan, sehingga anak menjadi kreatif dimasa datang.
-John Dewey -> tokoh di Amerika
Teori John Dewey “progressivism” yang menekankan anak didik dan minat anak daripada pelajaran. Anak akan berpartisipasi dalam kegiatan fisik dan bercorak social.
-Ki Hajar Dewantara -> tokoh di Indonesia
Ciri khas Pra sekolah  -> budi pekerti dan sistem AMONG.
Sistem AMONG yaitu : 
·         Ing ngarso sing tulodho (pemimpin  berada didepan memberikan teladan)
·         Ing madyo mangun karso (berada ditengah pemimpin saling bergotong royong )
·         Tut wuri handayani (pemimpin berada di belakang harus member semangat)

Penidikan anak Pra sekolah ialah untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan ketrampilan yang melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh.
Menurut :
·         Biechler & Snowman anak pra sekolah adalah anak yang berusia 3-6tahun
·         The National Association for education adalah anak yang berusia toodler – awal SD

PAUD ( pendidikan anak usia dini)
Hakikat anak usia dini :
-Usia lahir – 8 bulan                                                                         - proses tumbuh & kembang diarahkan
-Proses tumbuh & kembang bersifat unik                            
Tujuan utama PAUD :
Membantu mengembangkan seluruh potensi & kemampuan Fisik, Intelektual, Emosional, Moral & Agama secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif , demokratis, dan kompetitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar