Usia Dini :
-Bayi
(lahir-12bulan) -Prasekolah
(3-6tahun)
-Toddler
(1-3tahun) -Awal
SD (6-8tahun)
Sejarah :
-Frederick
Froebel -> membuka sekolah Tk pertama di Jerman
Tk perlu mengikuti
sifat anak serta bermain merupakan suatu metode dari pendidikan, salah satu
cara untuk meniru kehidupan orang dewasa dengan wajar.
Guru bertanggung jawab
dalam membimbing dan mengarahkan, sehingga anak menjadi kreatif dimasa datang.
-John Dewey ->
tokoh di Amerika
Teori John Dewey “progressivism”
yang menekankan anak didik dan minat anak daripada pelajaran. Anak akan
berpartisipasi dalam kegiatan fisik dan bercorak social.
-Ki Hajar Dewantara
-> tokoh di Indonesia
Ciri khas Pra sekolah -> budi pekerti dan sistem AMONG.
Sistem AMONG yaitu :
·
Ing ngarso
sing tulodho (pemimpin berada didepan
memberikan teladan)
·
Ing madyo
mangun karso (berada ditengah pemimpin saling bergotong royong )
·
Tut wuri
handayani (pemimpin berada di belakang harus member semangat)
Penidikan anak Pra
sekolah ialah untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan ketrampilan yang
melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh.
Menurut :
·
Biechler &
Snowman anak pra sekolah adalah anak yang berusia 3-6tahun
·
The National
Association for education adalah anak yang berusia toodler – awal SD
PAUD ( pendidikan anak
usia dini)
Hakikat anak usia dini
:
-Usia lahir – 8 bulan -
proses tumbuh & kembang diarahkan
-Proses tumbuh &
kembang bersifat unik
Tujuan utama PAUD :
Membantu mengembangkan
seluruh potensi & kemampuan Fisik, Intelektual, Emosional, Moral &
Agama secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif , demokratis,
dan kompetitif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar