Kamis, 15 Maret 2012

Psikologi Pendidikan & Fenomena Pendidikan

Psikologi Pendidikan : cabang dari ilmu psikologi yang fokus pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Jadi, psikologi pendidikan itu fokus pada aspek-aspek yang berhuungan dengan dunia pendidikan.

Tokoh psikologi pendidikan ada 3 :
  •  William james : ia mengatakan bahwa pengajaran harus sedikit lebih tinggi diatas pengetahuan dan pemahaman anak, tujuannya untuk memperluas cakrawala pemikiran anak. misal : pengajaran untuk anak SMA akan beda dengan pengajaran untuk anak SD
  • John Dewey : salah satu tokoh yg berperan besar dalam psikologi pendidikan. Pendapat dewey yang terkenal adalah bahwa anak lebih baik jika aktif pada saat belajar, anak-anak bisa mendapatkan ilmu darimana saja bukan hanya dari sekolah, dan ia mengatakan bahwa semua anak berhak mendapat pendidikan yang layak.
  • E.L. Thorndike : teorinya yang terkenal adalah "low of effect" yaitu jika perilaku positif akan dikuatkan dan jika perilaku negatif akan dilemahkan, ia juga mengatakan bahwa salah satu tugas pendidikan adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
 Psikologi pendidikan dan tekhnologi
    ada 4 pilar PBB di bidang pendidikan :
  • learning to know : mencari tahu 
  • learnign to do : setelah tahu , maka lakukanlah 
  • learning to life together : berikan dampak positif ke lingkungan
  • learning to be : bisa menata masa depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar